Jumat, 20 November 2020

Analisis Bahasa berdasarkan PUEBI dan KBBI

 Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh. Di blog kali ini saya akan menampilkan hasil analisis saya pada penelitian kali ini.

1.


Lokasi Gambar: Jl. Alianyang, Pasiran, Singkawang Barat. Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79122.

Waktu pengambilan gambar: 11 November 2020

Analisis:

Kata “apotik” yang di atas adalah kata yang tidak baku. Seharusnya kata tersebut ditulis “apotek” yang merupakan kata bakunya. 

2.


Lokasi Gambar: Warung Ayam Bejo. Jl. Tani No.31, Kuala, Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79124.

Waktu pengambilan gambar: 11 November 2020.

Analisis:

Kata "cabe","ijo",dan "sambel" diatas adalah kata yang tidak baku. Seharusnya diganti dengan "cabai", "hijau" dan "sambal" yang merupakan kata bakunya.

3.


Lokasi Gambar: Jl. Bawal No.15, Condong, Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79111.

Waktu pengambilan gambar: 11 November 2020.

Analisis:

Kata “praktek” dan “jam” pada gambar di atas merupakan kata yang tidak baku. Kata “praktek” seharusnya ditulis “praktik” dan kata "jam" seharusnya ditulis "pukul" karena itulah kata bakunya.

4.


Lokasi Gambar: Melayu, Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79111.

Waktu pengambilan gambar: 11 November 2020.

Analisis:

Kata "photo" adalah kata yang tidak baku. Seharusnya diganti dengan "foto" karena itulah kata bakunya.

5.


Lokasi Gambar: Jl. Budi Utomo No. 100, Singkawang Barat.

Waktu pengambilan gambar: 11 November 2020.

Analisis:

Kata "Accesspries" tidak ada dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris, mungkin salah ketik yaitu "Accessories". Jika benar, maka kata "Accessories" harus dimiringkan karena bahasa asing. Jika tidak mau dimiringkan,maka harus ditulis menggunakan bahasa Indonesia yaitu "aksesoris". Kemudian kata "Service" adalah kata dari bahasa asing, dan harus dimiringkan juga. Jika tidak dimiringkan maka harus diganti dengan bahasa Indonesia yaitu "layanan".

Baiklah mungkin cukup sekian dari saya. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam analisis ini,karena saya juga masih belajar. Dan saya juga butuh saran dan kritik yang membangun agar saya bisa belajar dari kesalahan-kesalahan saya. Sekian wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar